English | Bahasa
Registrasi Pin
Join Us

CSR
Visi dan Kebijakan

Sejalan dengan visi menjadi “Kebanggaan Bangsa”, Bank Mega berupaya memberikan apa yang bisa disumbangkan untuk kemajuan bangsa ini. Untuk menjadikan Indonesia lebih baik, eksistensi perusahaan tidak bisa hanya didasarkan pada mengejar profitablitas semata. Masih ada hal yang lebih mulia untuk direalisasikan, yaitu menciptakan masyarakat yang makmur, adil, dan sejahtera. Oleh sebab itu, tidak ada yang lebih tepat untuk mewujudkan ini selain dengan memaksimalkan fungsi program tanggung jawab sosial perusahaan/Corporate Social Responsibility (CSR). Program CSR yang diimplementasikan BANK MEGA tidak sekedar untuk memenuhi ketentuan regulasi sebagaimana tercantum dalam Undang-undang no. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, melainkan merupakan wujud apresiasi terhadap kontribusi dukungan masyarakat kepada perkembangan bank.

Lingkungan Hidup

Bagi sebuah institusi perbankan, dampak langsung kegiatan operasional terhadap lingkungan memang relatif lebih rendah dibandingkan industri lainnya. Meskipun demikian, Bank Mega memiliki komitmen yang tinggi dalam mengelola dan meminimalkan risiko/dampak operasionalnya terhadap lingkungan. Dampak lingkungan terbesar dari operasional Bank Mega adalah pada penggunaan energi, air, konsumsi kertas, dan pengelolaan sampah. Salah satu upaya penghematan dilakukan dengan menerapkan sistem electronic document, workflow, dan approval process. Saat ini, Bank Mega sudah menerapkan konsep paperless, di mana sebelumnya menggunakan hard document kini memprioritaskan penggunaan electronic document. Penerapan sistem ini akan terus dilakukan di semua unit kerja agar layanan kepada nasabah menjadi lebih cepat dan aman.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Pengelolaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) juga diterapkan di Bank Mega, dan Perusahaan memahami bahwa lingkungan kerja menjadi faktor penting bagi kenyamanan karyawan dalam bekerja. Oleh karena itu, manajemen selalu berusaha menciptakan lingkungan yang aman.

Program Tanggung Jawab Sosial

Secara filosofis, program-program CSR yang dilaksanakan tidak sekedar mengembalikan sebagian keuntungan kepada masyarakat, tetapi lebih ditekankan untuk mewujudkan hubungan yang harmonis dengan alam sekitar, tepatnya komunitas dan lingkungan, serta dapat saling memberikan nilai tambah kepada semua pihak secara berkesinambungan. Banyak program CSR yang telah dilakukan oleh Bank Mega sepanjang tahun 2018 yang terbagi dalam beberapa program, seperti Mega Peduli, Komitmen Penyaluran Dana Mega Berbagi untuk Membantu Perbaikan Sarana dan Prasarana Pendidikan di Tanah Air, Literasi Edukasi, dan kegiatan sosial lainnya.

Mega Peduli

Pertumbuhan dan perkembangan Bank Mega yang pesat tidak terlepas dari peran serta kepercayaan masyarakat dan dukungan semua pihak yang terkait terhadap usaha Bank Mega. Oleh karena itu, sudah selayaknya sebagian keuntungan yang diperoleh Bank Mega dikembalikan lagi kepada masyarakat yang layak menerima dalam bentuk bantuan sosial melalui kegiatan sosial yang disebut “Mega Peduli”. Tujuan kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun ini adalah memupuk kepedulian dan komitmen seluruh manajemen dan pegawai Bank Mega terhadap tanggung jawab sosial dan kemasyarakatan, khususnya terhadap masyarakat/penduduk/rakyat yang kurang mampu antara lain: yatim piatu (panti asuhan), orang tua jompo (panti werda), tunawisma, orang cacat, korban bencana dan sebagainya yang berada di sekitar unit kerja dan/atau di sekitar kantor-kantor cabang/capem/kantor kas Bank Mega di seluruh Indonesia.

Seluruh karyawan dilibatkan secara aktif dalam kegiatan ini sehingga dapat mendidik karyawan memiliki rasa sosial dan kepedulian terhadap penderitaan sesama. bantuan disalurkan melalui 369 kantor cabang/capem/kantor kas Bank Mega di seluruh Indonesia. Kegiatan sosial Mega Peduli semakin dirasakan manfaatnya terutama bagi masyarakat yang kurang beruntung karena tingginya harga-harga kebutuhan pokok di saat menjelang hari raya dan melemahnya daya beli masyarakat. Untuk itu, pada setiap tahun pelaksanaan kegiatan sosial Mega Peduli, Bank Mega selalu memberikan bingkisan dalam bentuk barang/natura seperti beras, mie instan, kecap, dan minyak goreng. Sebagai pembuka pelaksanaan kegiatan Mega Peduli 2018, secara simbolis diserahkan paket sembako kepada kaum dhuafa oleh Direktur Utama Bank Mega di sekitar kantor pusat Bank Mega di Jakarta. Secara nasional, Bank Mega menyapkan 16.000 paket sembako dengan nilai mencapai Rp1,6 miliar.

Selain itu, dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun, Bank Mega melakukan pemeriksaan kesehatan gigi dan kesehatan umum secara cuma-cuma kepada masyarakat kurang mampu, dan tahun ini dipusatkan di daerah Rusunawa - Pulo Gebang, Jakarta Timur. Di samping itu, pada saat yang bersamaan dilakukan juga edukasi membaca dan pengenalan awal produk Bank kepada anak-anak di sela-sela proses pemeriksaan kesehatan tersebut. Kegiatan ini dilakukan dengan bersinergi bersama CT Arsa Foundation yang memiliki Mobil Sehat dan Mobil Pintar serta Mobil Iqro sehingga memudahkan mobilitas kegiatan tersebut.

Pada tahun 2018, Bank Mega juga turut serta dalam membantu korban gempa Palu dengan mendonasikan bantuan berupa tenda, selimut, makanan kaleng, makanan/bubur bayi balita, diapers, pembalut, obat-obatan, dan air mineral dengan nilai total Rp50.000.000 di luar bantuan untuk pembangunan kembali sekolah yang rusak.

Dalam rangka perayaan Natal, Bank Mega melibatkan karyawannya menyalurkan bantuan kepada Panti Asuhan Pelayanan Kasih Bhakti Mandiri di Cibubur.

Mega Berbagi

Bank Mega berkeyakinan bahwa pendidikan yang baik akan menjadi kunci bagi kemajuan suatu bangsa yang dapat membebaskan generasi penerus dari belenggu kebodohan dan kemiskinan. Pendidikan yang baik juga pada akhirnya akan memutus mata rantai kemiskinan. Sehubungan dengan hal itu Bank Mega mengajak nasabah dan seluruh insan bangsa untuk menabung sekaligus beramal dan berbagi dengan turut serta dalam proses pembangunan sarana dan prasarana sekolah melalui produk tabungan Mega Berbagi. Dengan memiliki Tabungan Mega Berbagi, para nasabah menabung sekaligus berbuat amal karena hanya dengan menyisihkan minimum 1% dari suku bunga yang diterima dan tambahan 1% lagi dari Bank Mega, maka para nasabah dan Bank Mega secara bersamasama telah memberi kontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan anak bangsa.

Sampai dengan akhir Desember 2018, total penerimaan dana donasi mencapai Rp.100,4 miliar dana bantuan yang telah disalurkan kepada 52 sekolah yang telah selesai pembangunan dan renovasinya, serta 11 sekolah yang telah menerima komitmen dan masih dalam tahap pembangunan dengan alokasi dana sebesar Rp103 miliar. Sejak pertama kali diluncurkan sampai dengan Desember 2018, Komite Mega Berbagi telah memberikan komitmen untuk merenovasi 72 sekolah yang terbagi menjadi 3 sekolah pada tahap pertama, 34 sekolah pada tahap kedua dan 26 sekolah pada tahap ketiga. Sekolah-sekolah tersebut memiliki bangunan kurang layak yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Termasuk di antaranya 2 sekolah korban banjir bandang di Garut, 2 sekolah korban gempa di Pidie Jaya Aceh dan 2 sekolah korban gempa Lombok Nusa Tenggara Barat. Selain itu, Mega Berbagi juga telah memberikan komitmen untuk membantu pembangunan kembali sekolah-sekolah yang rusak akibat tsunami di Palu.

Mega Highlights
  Kurs             Beli            Jual
USD
13,770
14,310
EUR
15,239.99
15,834.96
AUD
9,315.36
9,842.43
SGD
10,064.15
10,583.05
JPY
128.36
130.17
BANK MEGA TERDAFTAR DAN DIAWASI OLEH OTORITAS JASA KEUANGAN
Copyright 2013. PT Bank Mega Tbk. All Rights Reserved