News

QRIS Bank Mega telah dapat digunakan di Thailand, Malaysia dan Singapura

Dec. 19, 2023

Jakarta, 19 Desember 2023. Bank Mega, saat ini menjadi salah satu institusi keuangan pertama di Indonesia yang memiliki QRIS Antarnegara (Cross Border), sehingga nasabah Bank Mega dapat melakukan transaksi dengan QRIS dengan sangat mudah melalui aplikasi mobile M-Smile pada saat bepergian ke Thailand, Malaysia dan Singapura.

QRIS Antarnegara merupakan system interkoneksi pembayaran QR di negara-negara yang telah memiliki kerjasama, sehingga memungkinkan nasabah untuk melakukan pembayaran di negara yang berbeda. Nasabah yang sedang berlibur di Thailand, Malaysia dan Singapura dapat melakukan transaksi pembayaran dengan scan kode QR yang disediakan merchant-merchant di negara tersebut.  Dengan demikian, nasabah kini tidak perlu repot lagi menukarkan uang Rupiah ke mata uang negara negara tersebut.  Selain praktis, dengan melakukan transaksi QRIS Antarnegara pada aplikasi M-Smile, nilai transaksi yang dilakukan akan secara otomatis dikonversikan kedalam mata uang Rupiah.

“Melalui fitur ini, kami berharap dapat memudahkan nasabah Bank Mega dalam melakukan transaksi pembayaran antarnegara menjadi lebih cepat, praktis dan aman,” jelas Diza Larentie, Wakil Direktur Utama Bank Mega.

Berikut beberapa keunggulan QRIS Antarnegara yang sudah dapat dilakukan di Thailand, Malaysia dan Singapura:

  • Pembayaran dapat dilakukan langsung tanpa harus menukarkan uang ke valuta asing, dimana nasabah hanya melakukan scan dari M-Smile dengan sumber dana tabungan Rupiah. Transaksi tersebut akan langsung dikonversi otomatis ke mata uang Rupiah secara real time.
  • Praktis, karena tidak perlu menggunakan fisik kartu tetapi hanya cukup menggunakan ponsel.
  • Transaksi menggunakan QRIS menjadi lebih aman, karena tidak perlu membawa sejumlah uang tunai.
  • Pembayaram dengan QRIS lebih higienis karena pembayaran dilakukan sendiri oleh nasabah dengan melakukan scan pada ponsel nasabah.

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum melakukan transaksi QRIS Antarnegara, adalah memastikan bahwa merchant-merchant di negara tersebut memiliki logo dari lembaga yang saat ini menjadi mitra penyelenggara sebagai berikut:

  • Thailand: terdapat logo QR yang diterbitkan oleh BBL (Bangkok Bank), BAY (Bank of Ayudhya), Krungthai Bank (KTB), CIMB Thai, Kasikorn Bank (KBANK) dan Siam Commercial Bank (SCB).
  • Malaysia: terdapat logo QR yang diterbitkan oleh DuitNow atau logo QR yang berasal dari penerbit seperti CIMB Bank, Public Bank Berhad, Razer Merchant Services Sdn Bhd, United Overseas Bank Berhad, TNG Digital Sdn Bhd, Axiata Digital eCode Sdn Bhd (Boost), AmBank Malaysia Berhad, , Maybank Berhad, Finexus dan Hong Leong Bank Berhad.
  • Singapura: terdapat logo NETS dan/atau SGQR.

Bank Mega akan senantiasa mendukung inisisasi Bank Indonesia untuk terus menambah negara-negara yang bekerjasama menerapkan QRIS Antarnegara sehingga menambah kenyamanan bagi para pengguna.